Tiga Karateka Bali Wakili Timnas ke SEAKF

Tiga Karateka Bali Wakili Timnas ke SEAKF

DENPASAR – Tiga karateka putra dan putri Bali dipastikan akan mewakili tim nasional (timnas) karate Indonesia ke SEAKF Championships 2024 di Bangkok Thailand, 26 – 28 April mendatang.

Kejuaraan ini bagus bagi ketiganya karena bisa menjadi salah satu uji coba internasional, sebelum akhirnya ketiganya akan berlaga di PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara mulai 8 September 2024 mendatang.



Ketiga karateka itu yakni Cok Istri Agung Sanistyarani atau akrab disapa Coki di nomor kumite -55 kg putri yang saat ini menjalani Tranning Camp di Hongkong untuk persiapan Kejuaraan Karate 1 Premiere League Kairo pada 19-21 April 2024.

Dan dua karateka lainnya terdiri dari Ni Made Dwi Kartika Aprianti atau akrab disapa Ade nomor kumite -61 kg putri, dan Gusti Ayu Rahadian Pradnyani Prameswari nomor kumite -55 kg putri. Mereka akan berlaga di ajang itu.

Menurut pelatih kepala Tim Karate PON Bali Aditya Putra Thama, terpilihnya tiga karateka utama Bali itu akan semakin mengasah jam terbang mereka di level Internasional. Kesempatan ini juga memuluskan dan mendukung persiapan Karate Bali menuju PON September mendatang. Diharapkannya, ketiganya tetap menjaga kualitas dan mengambil setiap peluang yang ada.

“Jalani semua proses dengan tenang namun serius dan yakinlah mimpi kita bersama bisa diraih. Coki sedang dalam kondisi dan posisi performa bagus didukung mental oke, lalu untuk yang tampil di SEAKF selalu ada peluang medali di level Asia Tenggara,” sebutnya di Denpasar, Senin (8/4/2024).

Nada seirama juga diungkapkan Binpres Pengprov FORKI Bali Putu Chris Budi Setiawan. Diharapkannya, posisi menghuni Tim Nasional Karate Indonesia mampu dipergunakan untuk memperbaiki kekurangan karateka selama berlatih di daerah.

“Kami di FORKI Bali sudah berusaha optimal hanya saja memang beda dengan situasi di Timnas. Apa yang belum sempat kita berikan di sini, mereka dapatkan di sana, dan setelah pulang kita harapkan mereka bisa mentransfer knowledge-nya untuk para rekannya di Bali, itu yang penting,” urainya.

Pada SEAKF Championships 2024, Pengurus Besar FORKI akan mengirimkan Tim Karate Indonesia hanya untuk kategori Cadet, Junior dan Under 21, sementara untuk nomor senior akan di persiapkan untuk AKF Championship 2024 di China dan World Team Championship 2024 di Pamplona Spanyol. (ari/jon)