Coki Come Back to BK PON 2023

Coki Come Back to BK PON 2023

DENPASAR – Karateka putri peraih medali emas PON XX/2021 silam lalu Cok Istri Agung Sanistya Rani atau akrab disapa Coki yang sebelumnya dikabarkan tidak bisa turun lagi di PON, kini come back atau kembali ke Babak Kualifikasi (BK) PON 2023.

Artinya Kembali bisa bertanding di BK PON dan berpeluang besar lolos dan turun di PON XXI?2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Kepastian karateka putri nomor kumite kelas -55 kg itu terungkap saat Pengprov FORKI Bali menggelar hasil kongres dan perkembangan pelatda di Denpasar, Minggu (6/8/2023).

Seperti diutarakan Ketua Umum Pengprov FORKI Bali Armand Setiawan Wulianadi dalam even Sosialisasi Hasil Kongres PB FORKI dan Perkembangan Pelatda Karate Bali tersebut, berdasarkan hasil kongres, batasan usia atlet resmi tak dibatasi sehingga Coki yang awalnya terganjal batasan usia kembali dapat membela Bali.

“Hasil Kongres, batasan usia dibuka dan kami merupakan salah satu provinsi yang ikut memperjuangkan hal itu. Dengan sudah dibukanya batasan usia tersebut berarti Coki dipastikan bisa main,” sebut pria yang akrab disapa Armand Joger itu.

Menyoal target setelah pencabutan batasan usia itu, Armand Joger tetap akan memancang target di PON 2024 dengan capaian seperti di PON Papua silam yakni meraih 2 medali emas. Hanya saja, pada BK PON 2023 bidikan utamanya meloloskan atlet di seluruh kelas yang dipertandingkan.

“Kalau target PON 2024 samalah dulu dengan capaian di PON Papua termasuk dengan hitungan Coki dengan mempertahankan dua emas. Kami pertahankan dulu sambil melihat situasi dan kondisi juga untuk kekuatan lawan di daerah lain,” tegasnya.

Di lain pihak, Ketua Umum KONI Bali IGN Oka Darmawan mengapresiasi proses pembinaan yang telah dilakukan Pengprov FORKI Bali. Diakui olahraga karate di bawah komando Sensei Armand berkembang cukup baik, dan diharapkan di ajang PON 2024, karate mampu menyumbang lebih dari dua emas.

“Ada perubahan, tidak ada batasan umur, jadi kita gembira Coki masih bisa main, dan ini menambah amunisi karate Bali. Sebelumnya kita tahu target mereka 2 emas, dengan adanya Coki semoga bisa 4 emas,” urainya.

BK PON cabang olahraga Karate akan dilangsungkan pada 25-27 Agustus 2023 di Kalimantan Selatan.

Dengan sisa waktu singkat, Pengurus dan Pelatih rencananya 14 Agustus mendatang juga akan mendatangkan karateka ranking lima dunia asal Jepang untuk sparing partner bersama Karateka Bali sebelum berangkat ke Pra PON Kalsel. (ari/jon)