RBC Bali Open Handicap 2024 Ajang Gali Pebiliar

RBC Bali Open Handicap 2024 Ajang Gali Pebiliar

DENPASAR – Pengkab dan Pengkot POBSI di Bali bakal bisa menggali para pebiliar mudanya dengan adanya Kejuaraan Biliar level nasional bertitel RBC Bali Open Handicap Tournament ( RBOHT) 2024, yang digelar rumah biliar Renon Billiard Centre (RBC) pada 28 Mei 2024 sampai 4 Juni 2024 mendatang. Kejuaraan yang akan dilangsungkan di RBC Renon, Denpasar itu mempertandingkan kategori pria dan wanita.

“Kejuaraan baik putra dan putri tersebut berhadiah total Rp. 309 Juta itu tujuannya banyak, selain untuk menggali pebiliar muda, juga pastinya akan menjadi ajang pemanasan bagi para pebiliar yang lolos PON XXI/2024 dari seluruh Provinsi yang ada di Bali. Kami optimis pebiliar tangguh level nasional akan turun pada kejuaraan ini. Untuk jadwalnya, kategori putra digelar pada 28 sampai 30 Mei 2024 sedangkan kategori putri mulai 30 Mei sampai 4 Juni 2024,” kata salah seorang owner RBC, Edward Ikhwan Sandjaja saat dikonfirmasi, Senin (25/3/2024).

Dirincinya, untuk kejuaraan kategori putra untuk hadiah mencapai total Rp 254 juta dan kategori putri total hadiah Rp. 55 juta.

“Kami sudah melakukan audiensi ke Pengprov POBSI Bali untuk melaporkan rencana even tersebut dan sudah mengajukan rekomendasi kejuaraan dan langsung bertemu pengurus Welly Soedarno,” tambah Edward Ikhwan Sandjaja.

Kejuaraan itu lanjut Edward Ikhwan Sandjaja yang juga atlet biliar Bali tersebut, tujuan kejuaraan itu juga berkaitan dengan sport tourism, karena mendatangkan pebiliar dari luar provinsi untuk datang ke Bali.

“Ini artinya dari sisi biliar atau olahraga bisa mendatangkan wisatawan nusantara ke Bali,” terang Edward Ikhwan Sandjaja.

Di lain pihak, Sekretaris Umum Pengprov POBSI Bali Welly Soedarno membenarkan jika beberapa waktu lalu Edward Ikhwan Sandjaja melakukan audiensi dan diterimanya langsung sekaligus diterimanya surat permohonan rekomendasi kejuaraan dari Edward Ikhwan Sandjaja.

“Benar audiensi itu sudah dilakukan sekaligus diserahkannya surat permohonan rekomendasi kejuaraan kepada kami. Secepatnya surat tersebut akan kami proses untuk rekomendasi kejuaraannya. Jelas kejuaraan itu bagus digelar dan kami menyambut positif karena akan menambah jumlah kejuaraan biliar semakin banyak digelar di Bali,” papar Welly.

Diakuinya, semakin banyak kejuaraan di Bali akan membuat motivasi pebiliar muda bermunculan, yang kedepannya bisa menjadi pebiliar penerus para seniornya untuk membela Bali di even-even level nasional dan berprestasi. (ari/jon)