Dukung Pariwisata dan PON XX, Sandiaga Uno Beri Bantuan Satu Armada Transportasi Danau

Dukung Pariwisata dan PON XX, Sandiaga Uno Beri Bantuan Satu Armada Transportasi Danau

SENTANI, jayapurakab.go.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura, khususnya mendukung kebutuhan armada angkutan danau Sentani dalam penyelenggaraan Kota Olahraga Nasional (PON) XX Papua ) pada tahun 2021. Salah satu caranya adalah dengan membantu satu unit armada speedboat untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura khususnya di Kampung Yoboi pada event olahraga terbesar di Indonesia.
Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin saat menggunakan Penghargaan 50 Desa Wisata Indonesia Desa Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (21/9/2021) siang.
“Pada event PON tentunya akan banyak tamu yang datang ke Papua, khususnya wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Jayapura. Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan kami terhadap PON XX tahun ini, dalam waktu dekat kami akan menyediakan satu unit armada angkutan danau untuk desa wisata (Yoboi). Yang mana, akan digunakan saat PON berlangsung nanti,” ujar Sandiaga Uno, dalam sambutannya di hadapan para tamu undangan dan masyarakat sekitar saat mendatangi Kampung Yoboi.
Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, kampung atau kampung wisata seperti ini pasti akan diserbu wisatawan, apalagi saat PON berlangsung nanti. Untuk itu, ia berharap bantuan yang diberikannya dapat dimanfaatkan dengan baik dalam pergerakan PON XX Papua.
“Menjelang PON XX, desa wisata ini sudah ramai dikunjungi. Apalagi pada PON nanti yang merupakan agenda Nasional. Oleh karena itu, saya berharap apa yang akan diberikan dapat digunakan sebagaimana mestinya,” kata Menteri Sandiaga.
Selain itu, diakuinya, pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Pemkab Jayapura terkait bantuan tersebut. Hingga dipastikan dalam waktu dekat bantuan tersebut akan tiba dan dapat digunakan di Kampung Yoboi untuk mendukung sektor pariwisata selama PON nanti.
“Pelaksanaan PON tinggal beberapa hari lagi. Oleh karena itu, kami akan berusaha untuk mempercepat proses pendampingan. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Yoboi dalam pelaksanaan PON,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Menteri Seni dan Kerajinan mengajak seluruh masyarakat Kampung Yoboi untuk menjaga kearifan budaya lokal. Sehingga para wisatawan yang datang dapat mengetahui adat istiadat masyarakat Sentani yang ditampilkan di Kampung Yoboi. Untuk itu, diharapkan tetap semangat.
“Tentu ini yang sangat kita harapkan dunia tahu, bahwa budaya masyarakat Sentani seperti ini. Karena itu, saya berharap desa wisata ini dapat dimanfaatkan dan dimanfaatkan dengan baik untuk kelangsungan hidup masyarakat desa Yoboi,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Desa Adat Yoboi, Sefanya Wally mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada ayah Menteri Sandiaga Uno atas kunjungan dan bantuan yang akan diberikannya.
“Atas nama Kepala Desa Yoboi saya mengucapkan terima kasih banyak dan memberikan apresiasi yang tinggi atas perhatiannya kepada kami masyarakat kecil di desa ini,” ujarnya.
Sefanya mengatakan, tentu saja bantuan yang akan diterimanya, ia mengaku akan memanfaatkannya dengan maksimal. Karena menurutnya, bantuan tersebut akan sangat membantu pihaknya untuk mempermudah akses wisatawan yang datang ke Kampung Yoboi.
“Membantu armada angkutan danau adalah salah satu hal yang kami keluhkan saat ini. Jadi tentunya akan kami gunakan sebaik mungkin. Yang mana, untuk memudahkan akses bagi pengunjung yang datang ke desa kami,” ujarnya. (Irf)

Tampilan Posting: 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *