Penghargaan Danau Love Jadi Cambuk dan Semangat untuk Kembangkan Pariwisata Jayapura

Penghargaan Danau Love Jadi Cambuk dan Semangat untuk Kembangkan Pariwisata Jayapura

JAKARTA (TRANS PAPUA) – Danau Cinta Kabupaten Jayapura mendapatkan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019. Penghargaan tersebut diterima oleh perwakilan Bupati Jayapura, Giri Wijayanto dalam acara malam Anugerah Pesona Indonesia 2019 di Pendopo Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jakarta Pusat. , Jumat malam (22/11) .


Suasana warga saat foto di Telaga Cinta di Sentani, Kabupaten Jayapura. (Facebook Welda Pakpahan)

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT. Ayo jalan. Staf Menteri Multikultural Guntur Sakti menyambut baik terselenggaranya API tahun ini yang memasuki tahun ke-4.

“Harapannya, acara ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan berbagai objek dan destinasi wisata di tanah air,” kata Guntur Sakti.

Pelaksanaan kegiatan API berlangsung selama tujuh bulan, mulai Mei 2019 hingga November 2019. Rangkaian kegiatan tersebut antara lain mulai dari pendaftaran, seleksi nominasi, voting pembukaan, promosi dan kampanye promosi Indonesia, roadshow dan sosialisasi, serta ditutup dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang. Pemungutan Suara Indonesia Terpopuler (API) 2019 oleh masyarakat berlangsung pada 1 Juni 2019 hingga 31 Oktober 2019.

Ada 18 kategori penghargaan API 2019 ini, yaitu; Tempat Wisata Belanja Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Destinasi Wisata Terpopuler, Tempat Sejarah Terpopuler, Tempat Wisata Unik Terpopuler, Surga Tersembunyi Terpopuler, Dataran Tinggi Terpopuler, Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler. Selain Wisata Air Terpopuler, Promosi Wisata Digital Terpopuler, Souvenir Terpopuler, Desa Adat Terpopuler, Wisata Halal Terpopuler, Festival Wisata Terpopuler, Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, dan Wisata Kreatif Terpopuler.

Total 18 kategori tersebut di atas masih ditambah dengan 2 gelar bergengsi lainnya yakni Juara Favorit dan Juara Umum API Awards 2019.

Danau Love menjadi juara kedua kategori Most Popular New Destination. Juara 1 diraih oleh Pule Payung (Kabupaten Kulon Progo) dan juara 3 diraih oleh Tepian Bandar Sungai Jantan (Kabupaten Siak). API tahun ini juga memberikan gelar juara Favorit API Awards 2019 kepada Taman Hutan Mangrove (Kota Langsa), dan Juara Umum API Awards 2019 diperoleh Provinsi Jambi.

Perwakilan Bupati Jayapura Giri Wijayanto mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan tim penilai API 2019 atas perhatian dan apresiasinya terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Jayapura. Penghargaan ini diharapkan dapat membuat cambuk dan semangat pengembangan pariwisata Jayapura menjadi lebih baik lagi.

Dalam malam penganugerahan tersebut, selain Wakil Bupati Jayapura, juga hadir Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo dan Plt Kadis Kominfo Gustaf Griapon.

Sumber: https://lintaspapua.com/

Tampilan Posting: 42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *