Pertama di Indonesia, Sandiaga Uno Resmikan TIC Tingkat Kabupaten di Bandara Sentani

Pertama di Indonesia, Sandiaga Uno Resmikan TIC Tingkat Kabupaten di Bandara Sentani




Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat meresmikan TIC, di Ruang VIP Bandara Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu, 05 Juli 2023 pagi

SENTANI, diskominfo.jayapurakab.go.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Tourism Information Center (TIC) atau Tourist Information Center (PIT) di Bandara Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu 5 Juni 2023, untuk bertemu kebutuhan informasi wisatawan.
Tourist Information Center (TIC) yang diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno ini berlokasi di Ruang VIP Bandara Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu, 5 Juli 2023 pagi.
Tourist Information Center atau TIC merupakan salah satu fasilitas yang disediakan untuk menyampaikan informasi tentang pariwisata di suatu daerah kepada wisatawan atau wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung.
TIC yang diresmikan Menparekraf Sandiaga Uno ini merupakan fasilitas pertama di tingkat kabupaten/kota di Indonesia, satu-satunya dan pertama digunakan di Kabupaten Jayapura. TIC yang diresmikan ini akan menjadi milik Pemerintah Kabupaten Jayapura yang nantinya akan dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
“Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada Pak Pj. Bupati beserta jajarannya dan masyarakat Kabupaten Jayapura. Karena ini inovasi yang sangat membantu, untuk mendapatkan informasi, baik tempat wisata maupun akomodasi dan event lainnya,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu di hari pembukaan TIC, Rabu 5 Juli 2023.
Dikatakannya, informasi tentang keamanan semuanya sudah terangkum dalam sistem scan barcode. Untuk itu, dia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura yang mampu menginisiasi TIC di Papua. Karena scan barcode ini sangat memudahkan untuk mendapatkan informasi, namun juga mendorong pergerakan wisatawan Nusantara.
Menurut Menteri Sandiaga, setiap pergerakan pariwisata di nusantara akan menghasilkan capaian ekonomi bagi masyarakat setempat dan target penyerapan tenaga kerja yang akan dicapai pada tahun 2024 sebanyak 4,4 juta orang. “Mungkin bisa tercapai, kalau semua kabupaten di Indonesia punya inovasi yang sama seperti di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.
Sementara itu di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo menyampaikan ucapan terima kasih dan juga memberikan apresiasi yang tinggi atas peluncuran (peresmian) Tourism Information Center (TIC) oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf) di Ruang VIP Bandara Sentani.
Untuk itu, Bupati Triwarno berharap dengan adanya TIC ini dapat menjadi motivasi bagi pelaku ekonomi dan juga pelaku pariwisata di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan pembangunan di negara yang dikenal dengan sebutan Tanah Khenambai Umbay. (**)

Tampilan Siaran: 2