Pemkab Manggarai Gelar Ritus Adat ‘Teing Hang’ Tahun Baru

Pemkab Manggarai Gelar Ritus Adat 'Teing Hang' Tahun Baru

Cominfo Manggarai – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai menggelar ritual adat menyambut tahun baru 2023. Acara berlangsung di ruang VIP Nuca Lale, Kamis (05/01) malam.

Acara teing hang (memberi makan kepada leluhur) dilakukan sebagai penghormatan dan ungkapan rasa terima kasih kepada leluhur serta meminta bantuan untuk melancarkan pelaksanaan tugas pemerintahan dan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2023.

Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit, SE hadir. MA, Wakil Bupati, Heribertus Ngabut, SH, Sekretaris, Drs Jahang Fansi Aldus, Staf Bupati, Asisten Sekretaris dan Ketua OPD di lingkungan Pemkab Manggarai.

Acara dimulai pukul 19.00 Wita, yang diawali dengan ritus peralihan di kantor Bupati Manggarai oleh sesepuh adat Gendang Pu’u Ruteng, Maksimus Antar.

Acara dilanjutkan dengan manuk torok yang juga dibawakan oleh sesepuh penabuh gendang Ruteng Pu’u, Maksimus Antar. Namun sebelum upacara torok manuk, Bapak Maksimus Antar melakukan kepok kepada Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda Manggarai.

Usai ritual torok manuk dilanjutkan dengan toto urat dan teing helang. Acara ditutup dengan makan malam bersama. *** Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *