8 Aplikasi Accounting Gratis, Cocok Untuk Pebisnis Awam

aplikasi-accounting-gratis

Anda pebisnis pemula? Aplikasi akuntansi gratis dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis.

Pengelolaan laporan keuangan sangat penting dalam menjalankan bisnis, perhitungan yang akurat dan efisien adalah dua hal yang dibutuhkan oleh semua lini bisnis.

Saat Anda masih mengelola keuangan secara manual, sering terjadi human error yang tidak diinginkan. Sekarang, ada banyak aplikasi akuntansi gratis yang bisa Anda manfaatkan.

Aplikasi akuntansi digital gratis ini dapat memiliki berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh pengelola uang manual.

Misalnya, keuangan dapat diotomatisasi, dapat diakses berkali-kali, mengurangi kesalahan manusia, dan banyak lagi.

Karena fitur-fiturnya yang sangat membantu untuk bisnis, Anda tidak perlu khawatir ketika tidak memahami masalah akuntansi bisnis.

Baca Juga: 5 Aplikasi Dropship Terpercaya, Bisa Untung Besar!

Aplikasi Akuntansi Gratis

(Foto akuntansi perusahaan. Sumber: Unsplash.com)

Jika Anda tertarik menggunakan akuntansi elektronik secara gratis, berikut rekomendasi aplikasi akuntansi digital gratis untuk mempermudah aplikasi manajemen bisnis Anda.

1. GnuCash

Rekomendasi aplikasi akuntansi gratis yang pertama adalah GnuCash.

Platform akuntansi ini sangat cocok untuk bisnis UMKM atau bisnis pribadi lainnya yang bisa Anda gunakan di perangkat komputer Apple dan Windows.

GnuCash dirancang untuk memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas bisnis, seperti melacak pendapatan di rekening bank, beban, dan stok dan masih banyak lagi layanan yang tersedia.

Salah satu daya tarik utama GnuCash adalah platform ini dapat membuat laporan keuangan standar dan dapat dibuat dalam bentuk grafik yang sangat menyederhanakan semua jenis bisnis.

Aplikasi akuntansi digital ini dapat dinikmati secara gratis dan dapat digunakan tanpa koneksi internet.

2. Buku Zip

(Foto cara kerja akuntansi. Sumber: Freepik.com)

Aplikasi akuntansi gratis lainnya yang dapat membantu Anda mengelola uang bisnis Anda adalah ZipBooks. Platform akuntansi ini banyak digunakan oleh usaha kecil dan menengah karena fasilitas yang ditawarkannya.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengoperasikan aplikasi akuntansi gratis ini, Anda bisa memanfaatkan layanan live chat di situs resmi ZipBooks untuk menjawab semua pertanyaan Anda.

Daya tarik utama ZipBooks adalah empat fitur utama yang disediakan, yaitu Accounting, Billing (penagihan), Business Intelligence, dan, Expenses (pencairan).

Fitur Accounting akan mendukung semua proses akuntansi dari bisnis Anda, fitur billing dapat mencakup pembayaran dan struk pembayaran otomatis, fitur business intelligence mampu menyajikan laporan keuangan yang dapat Anda gunakan sebagai tolak ukur pada langkah selanjutnya, dan fitur produksi adalah mampu mengatur pengeluaran keuangan.

Anda bisa menggunakan ZipBooks secara gratis atau bisa memanfaatkan fitur yang lebih lengkap dengan mengupgrade ke versi berbayar.

3. Gelombang Akuntansi

Aplikasi akuntansi gratis yang akan memudahkan pembukuan bisnis Anda selanjutnya adalah Wave Accounting.

Platform ini sangat cocok bagi pengusaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya dan mengelola keuangannya dengan lebih baik.

Wave Accounting memiliki dua fitur utama yaitu Accounting Software, dan Invoicing Software. Fitur akuntansi dapat melacak pemasukan dan pengeluaran, laporan keuangan, jurnal transaksi, dan masih banyak lagi.

Sedangkan fitur invoice memiliki kemampuan untuk membuat invoice dengan banyak jenis mata uang, pembayaran otomatis, notifikasi yang akan jatuh tempo, dapat mengirimkannya dengan mudah, dll.

Wave Accounting tidak akan mengizinkan Anda dengan biaya berlangganan apa pun. Jadi, Anda bisa menikmati semua fitur yang tersedia tanpa khawatir akan biaya tambahan untuk menggunakan aplikasi akuntansi gratis ini.

Baca Juga : 7 Aplikasi Untuk Bisnis Online, Wajib Kamu Instal!

4. Bokio

(Foto pembukuan perusahaan. Sumber: Freepik.com)

Pengusaha kecil menengah alias UMKM yang memiliki budget minim untuk urusan akuntansi, bisa mencoba aplikasi akuntansi gratis asal Swedia bernama Bokio.

Bokio dapat memudahkan aktivitas bisnis Anda karena memiliki fitur yang lengkap, desain yang mudah digunakan.

Bokio memiliki fitur untuk laporan keuangan otomatis, pembuatan faktur, manajemen produksi, dan fitur live chat bisa Anda manfaatkan jika ingin bertanya seputar fitur yang tersedia.

Meskipun bisa menggunakan Bokio secara gratis, namun ada juga dua versi berbayar bulanan yang terjangkau yaitu versi Saldo dengan harga Rp167.000,- dan Rp297.000,- untuk versi Bisnis dan nikmati fitur tambahan yang tersedia.

5. Kertas.id

Aplikasi akuntansi gratis lainnya yang bisa Anda coba adalah Paper.id. Platform akun dapat menguntungkan pembeli dan pemasok karena menerima pembayaran tepat waktu dari pelanggan dan mampu membayar pemasok dengan berbagai metode.

Paper.id mampu membuat quotation alias penawaran harga resmi, dengan logo produk dan PPN, mengirim invoice melalui WhatsApp, membuat kuitansi dan laporan keuangan secara otomatis.

Fitur-fitur terbaik di atas mampu mempermudah pengelolaan tagihan dan bisnis yang bisa Anda gunakan secara gratis selamanya dengan batasan tertentu.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Paper.id tanpa batasan, Anda dapat berlangganan hanya dengan Rp82.300,-/bulan. Murah kan?

6. Akuntansi

(Foto seseorang sedang menghitung laporan. Sumber: Freepik.com)

Salah satu aplikasi akuntansi terbaik yang dapat Anda gunakan secara gratis dan telah diunduh oleh lebih dari 270 ribu pengguna di dunia.

Akuntansi dapat menerbitkan faktur, memantau produksi, dan mengelola laporan keuangan sekaligus.

Akaunting telah mendukung lebih dari 50 bahasa termasuk bahasa Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tidak mengerti bahasa asing. Anda dapat melihat keuangan Anda melalui saluran online sehingga Anda dapat memantau dalam banyak kesempatan

7. Buku Kas

Rekomendasi aplikasi akuntansi gratis berikutnya adalah BukuKas. Anda yang baru memulai bisnis, akan sangat cocok menggunakan platform akuntansi yang satu ini.

BukuKas memiliki tampilan sederhana yang mudah dipahami baik oleh pemula maupun ahli.

BukuKas telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna di Indonesia khususnya pengusaha kecil dan UMKM karena fitur yang dihadirkan mampu membantu usaha kecil menengah.

Fitur utama BukuKas membantu Anda mencatat transaksi, menerima dan mengirim uang melalui bank tanpa biaya admin, mengirim invoice melalui WhatsApp atau SMS, laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

8.Kledo

(Foto close-up perusahaan keuangan. Sumber: iStockphoto.com)

Daftar aplikasi akuntansi gratis Kledo yang dapat membantu Anda melakukan aktivitas bisnis dengan cepat, efisien, dan mudah.

Platform akuntansi ini memiliki fitur-fitur utama sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan invoice, pembelian, inventaris, dan dapat menganalisis performa bisnis Anda.

Karena berbasis cloud, Anda tidak perlu mengunduh dan menginstal Kledo lagi dan Anda dapat mengaksesnya melalui perangkat lunak Windows, iOS, dan Android. Praktis, bukan?

Pada Kledo versi gratis, Anda dapat merasakan fitur-fitur yang tersedia, namun ada beberapa fitur yang tidak dapat Anda nikmati.

Jika Anda ingin mendapatkan semua fitur tanpa batasan tertentu, Anda dapat mencoba Kledo versi Pro dan Elite. Anda cukup membayar Rp.129.900,-/bulan untuk versi Pro sedangkan Rp.189.900.-/bulan untuk versi Elite.

Baca Juga: Ini 8 Aplikasi Reseller Tanpa Modal Yang Bikin Jualan Anti Ribet

Itulah rekomendasi aplikasi akuntansi gratis yang akan membantu Anda mengurangi kesalahan jika melakukan perhitungan secara manual.

Karena fitur yang disediakan berbeda-beda, Anda bisa mencoba setiap aplikasi dan mencari mana yang lebih cocok dengan jenis usaha Anda.

Selain itu, coba juga tips mengatur keuangan untuk bisnis agar keuangan Anda lancar. Yuk, simak video berikut ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *