Kampung Wisata Tematik Sikadut (Katamas) Diresmikan

Kampung Wisata Tematik Sikadut (Katamas) Diresmikan

INFO PURBALINGGA, Desa Wisata Tematik (Katamas) Sikadut Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari diresmikan oleh pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam hal ini oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Kamis (22/12/2022). Turut hadir dalam acara tersebut Bobotsari forkompimcam, pegiat pariwisata dan tokoh masyarakat desa.

Kadinporapar Ir. Prayitno, M.Si saat meresmikan Desa Wisata Tematik Sikadut mengatakan semua desa wisata harus menerapkan pesona keamanan, ketertiban, sejuk, asri, ramah dan berkesan. Kemudian menerapkan prinsip 6 A antara lain Atraksi (Attraction), Aksesibilitas (Access), Facility (fasilitas pendukung), Akomodasi (Accommodation), Kegiatan (activities), Layanan Tambahan (Supporting Services).

“Wisatawan khususnya anggota Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) harus bisa menerapkan prinsip pesona agar pengunjung tidak bosan datang kembali ke Katamas,” ujarnya. Prayitno pun berharap dengan adanya wisata tematik ini diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di Purbalingga. Sehingga dapat menarik pengunjung yang berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat.

Sementara Kepala Desa Karangtalun, Heru Catur Wibowo mengatakan Katamas merupakan desa wisata yang menyuguhkan konsep wisata yang menitikberatkan pada pendidikan. Heru berharap pengembangan desa wisata tematik dapat berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat pedesaan.

Katamas memiliki beberapa sarana pendidikan antara lain taman bermain anak, pendidikan perikanan, pendidikan pertanian buah dan kuliner. Katamas ini memiliki luas 4 hektare yang bisa dikembangkan lebih lanjut,” pungkasnya. (dy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *