Bupati Tiwi : Wisata Harus Bangkitkan UMKM Lokal

Bupati Tiwi : Wisata Harus Bangkitkan UMKM Lokal

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi didampingi suaminya, Rizal Diansyah mengunjungi Objek Wisata Kolam Renang Fik 2 di Desa Langgar, Kecamatan Kejobong, Minggu (15/1). Hal ini mendorong UMKM lokal tumbuh dan berkembang.

“Tur ini juga bisa menjadi ajang pamer bagaimana mempromosikan produk UMKM. Biasanya setelah berenang orang akan lelah dan lapar serta mencari makan. Nah, ini bisa menjadi peluang usaha kuliner bagi masyarakat Desa Langgar,” kata Bupati Tiwi.

Apalagi Desa Langgar termasuk kategori desa miskin, sehingga dengan adanya pariwisata ini telah menyerap banyak tenaga kerja dan menggerakkan roda ekonomi baru.

Bupati berpesan agar objek wisata ini dapat dikelola dengan baik. Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinporapar) juga memberikan fasilitas untuk peningkatan kualitas SDM. Baik itu pelatihan pemandu wisata dan lainnya, termasuk membantu mempromosikan pariwisata di luar daerah.

Bupati juga berpesan pentingnya adanya lifeguard dalam wisata berbasis air ini. “Tugasnya memantau keselamatan dan keamanan, apalagi di sini banyak anak kecil,” ujarnya.

Bupati pun berpesan agar objek wisata dapat selalu eksis dan terjaga kelestariannya. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah inovasi.

“Pariwisata pasti membosankan jika perjalanannya hanya itu-itu saja. Jadi ide kreatifnya tidak boleh surut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Prayitno menambahkan, wisata ini juga perlu menerapkan unsur Sapta Pesona. “Di antaranya: Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan,” ujarnya.(Gn/HumproSetda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *