Gali Bibit, IODI Badung Gelar Kejuaraan

Gali Bibit, IODI Badung Gelar Kejuaraan

BADUNG – Demi menggali bibit atlet dancesport atau dansa, Pengkab IODI Badung menggelar kejuaraan Dance Sport yang dibuka Ketua Umum KONI Badung Made Nariana di GOR Mengwi, Minggu (5/11/2023).

Ketua Panitia Kejuaraan itu Made Punia mengutarakan, kejuaraan guna menggali bibit atlet Dansa di Badung itu tak lain karena saat atlet menjadi mahasiswa atau mendapat pekerjaan lain, mulai vakum di dunia dansa. Berangkat dari semua itu Pengkab IODI Badung terus menerus mencari bibit baru di kalangan siswa SD, SMP dan SLTA.

“Kejuaraan dance sport i ini diikuti 156 anak-anak SD, SMP dan SMA dari 6 kecamatan yang ada di Badung. Kedepannya, IODI Badung akan melakukan kejuaraan terbuka sehingga dapat mengikutsertakan atlet dansa dari kabupaten/kota lainnya,” ujar Made Punia usai pembukaan kejuaraan tersebut.

Di lain pihak, Ketua Umum KONI Badung Made Nariana memberikan penghargaan kepada IODI Badung karena konsisten melaksanakan kegiatan olahraga. Diakuinya, atlet Badung dalam tahun 2024 akan ikut berpartisipasi dalam PON Aceh dan Sumatra Utara. Selain itu sekaligus mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali tahun 2025.

Karena itulah Nariana memberikan dorongan motivasi kepada semua cabang olahraga (cabor) angggota KONI Badung supaya terus menerus melakukan kejuaraan dan pelatihan kepada para atletnya.

“Mulai 11 November Pengkab Bola Voli juga akan melakukan kejuaraan dengan peserta atlet Bola Voli dari semua desa yang ada di Badung. Hal ini sangat baik, sebab sekaligus juga mencari atlet pemula untuk regenerasi atlet cabor itu,” tutur mantan Ketua Umum KONI Bali itu.

Menyoal kejuaraan olahraga Dansa Made Nariana memberikan penghargaan khusus. Pasalnya banyak anak-anak di desa saat ini mulai menggemari olahraga tersebut. Sebelumnya dansa dikonotasikan hanya tarian pergaulan. Padahal dansa memiliki nilai estetika tinggi dan dapat diperlombakan dalam banyak even olahraga nasional/internasional.

Sekjen IODI Pusat Ni Made Suparmi menambahkan, dalam PON 2024 dirinyatelah mempersipkan lebih dari 16 atlet Dansa untuk dikirim ke ajang multi event tersebut.

“Pertengahan November 2023 ini kami akan melakukan cek persiapan venue PON ke Sumatera Utara,” pungkas Suparmi. (ari/jon)