700 Peselam Turun di Kejuaraan Selam Sport Tourism Badung

700 Peselam Turun di Kejuaraan Selam Sport Tourism Badung

BADUNG – Adu kualitas dan adu prestasi dilakukan 700 peselam putra dan putri baik dari dalam maupun dari luar Badung dan Bali pada Kejuaraan Selam KONI Badung Sport Tourism 2023, yang digeber di Kolam Renang Tirta Arum Blahkiuh Badung, Jumat (18/8/2023).

Peselam sejumlah tersebut terpencar di 46 klub di seleuruh Indonesia. Total nomor yang dipertandingkan yakni 136 nomor dengan kategori Umur dari A sampai F.

Kejuaraan tersebut dibuka Ketua Umum KONI Bali IGN. Oka Darmawan didampingi Ketua Umum KONI Badung Made Nariana dan Sekjen PB POSSI Laksma TNI Rubiyanto.

Usai pembukaan Ketua Umum KONI Badung Made Nariana menjelaskan, jika ada 8 atlet Badung yang lolos PON 2024 ikut dalam kejuaraan itu.

“Maka ajang ini bisa dijadikan ajang yang bagus utamanya bagi para peselam muda Badung umumnya untuk menambah jam terbang demi prestasi ke depannya,” jelas mantan Ketua Umum KONI Bali tersebut.

Di lain pihak, Ketua Umum KONI Bali IGN OKA Darmawan memberikan apresiasi dengan dihelatnya kejuaraan itu. Apalagi di cabor selam Bali baru saja meloloskan 17 peselam putra dan putri serta menempati peringkat keempat pada Babak Kualifikasi (BK) PON 2023 yang baru saja selesai digelar di Jakarta.

“Jadi ini prestasi tersendiri bagi cabor selam Bali dan kami sangat mengapresiasi orang tua atlet yang banyak membantu dan memberikan dukungan pada para putra-putrinya yang merupakan atlet selam Bali,” papar Oka Darmawan.

Sedangkan Ketua Umum Pengkab POSSI Badung, AA Ngurah Gede Widarma menyebutkan, pelaksanaan cabor selam akan digelar selama 3 hari penuh sampai Minggu (20/8/2023). Selanjutnya akan dilanjutkan dilanjutkan nomor perairan terbuka atau laut pada Selasa (22/8/2023).

“Melalui kejuaraan itu maka bisa dilakukan proses pembinaan secara berkelanjutan dan berprestasi secara maksimal. Olahraga selam itu tidak hanya mencetak prestasi, tetapi juga bersifat rekreasi dan wisata. Kami Pengkab POSSI Badung, Pengprov POSSI Bali, dan KONI Badung mengemas kegiatan ini yang bisa diharapkan dapat mengakomodir pengembangan pariwisata dan prestasi olahraga,” tutupnya. (ari/jon)