Bupati Hery Lakukan Peletakan Batu Pertama Penataan Kawasan Wisata Ruteng Puu

Bupati Hery Lakukan Peletakan Batu Pertama Penataan Kawasan Wisata Ruteng Puu

Ruteng Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit SE, MA, peletakan batu pertama kawasan wisata Ruteng Puu, Kamis (20/07/2023), di kampung adat Ruteng Puu, Desa Leda, Kecamatan Langke Rembong.

Bupati Hery didampingi Sekretaris Jahang Fansy Aldus, diterima seperti biasa di pintu masuk Kampung Adat Ruteng Puu sebelum melakukan rangkaian acara di Mbaru Niang.

Bupati Hery menjelaskan penataan kawasan wisata harus dilakukan melalui perencanaan yang matang dan membutuhkan waktu, tidak langsung dan instan. “Harus direncanakan dengan matang, tahun ini kita buat rencana, tahun depan mau jadi apa, tahun depan seperti apa, tidak seperti sulap,” ujarnya.

Bupati Hery mengatakan kawasan kampung adat Ruteng Puu dipilih untuk dikembangkan lebih baik lagi sebagai kawasan wisata, karena letaknya yang strategis di kota Ruteng. Pengelolaan kawasan wisata Ruteng Puu dilakukan untuk menarik dan membawa wisatawan ke kawasan tersebut, dan ngarai pada umumnya.

“Harus kita akui di kota ini yang paling siap ditata dan dipromosikan adalah Ruteng Puu. Karena sudah ada lembaga adat, maka masyarakat juga lebih siap, sehingga lebih mudah kita jual ke wisatawan,” ujarnya.

Ketua Badan Adat Ruteng Puu menjelaskan, pihaknya berterima kasih kepada pemerintah daerah dan pusat yang telah mampu menyelesaikan pembangunan satu unit rumah adat di wilat tahun lalu.

Pihaknya juga berharap pembangunan rumah adat selanjutnya berjalan lancar dan tanpa hambatan.

“Selain rumah adat, juga akan dikembangkan jalan lintas di luar kampung adat Ruteng Puu, pembangunan jalan tersebut diharapkan dapat mendukung kawasan wisata ruteng menjadi lebih menyenangkan dan lebih baik,” tandasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Jahang Fansy Aldus, Asisten Setda, Ketua OPD, tua gendang, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar kampung adat Ruteng Puu.