4 Contoh Delivery Bagi Bisnis, Mengapa Begitu Penting?

delivery

Menurut Investopedia, pengiriman mengacu pada tindakan mentransfer komoditas, mata uang, sekuritas, uang tunai, atau instrumen lain yang merupakan subjek dari kontrak.

Layanan pengiriman adalah komponen dasar dari kegiatan perdagangan. Kegiatan ini melibatkan transportasi dan distribusi.

Proses umum pengiriman barang dikenal sebagai distribusi. Ada juga studi tentang proses yang efektif untuk pengiriman dan disposisi barang dan personel yang disebut logistik.

Perusahaan yang berspesialisasi dalam pengiriman barang komersial dari titik produksi atau gudang penyimpanan ke titik penjualan biasanya dikenal sebagai distributor.

Ada perusahaan tertentu yang berspesialisasi dalam pengiriman barang ke pelanggan yang dikenal dengan jasa pengiriman. Layanan pos, kurir, dan penerusan juga termasuk barang untuk penggunaan komersial dan pribadi.

Ada juga sejumlah bisnis yang memiliki kekuatan pemandu sendiri. Biasanya, hal ini umumnya dilakukan oleh restoran.

Baca Juga: Bagaimana Alur Transaksi Penjualan? Ini penjelasannya!

Mengapa Proses Pengiriman Penting?

(Foto pentingnya proses pengiriman untuk bisnis. Sumber: Freepik.com)

Dengan berkembangnya teknologi dan berkembangnya moda transportasi, waktu pengiriman ini bisa menjadi sangat cepat. Konsumen sekarang memiliki banyak pilihan untuk menerima barang yang mereka beli secara online.

Jika sebelumnya pengiriman membutuhkan 7 hingga 10 hari kerja untuk jarak jauh, kini tersedia pilihan “hari berikutnya”, “hari yang sama” atau bahkan pengiriman instan dalam beberapa jam. Hal ini menyebabkan perubahan total dalam sikap terhadap cara kerja pengiriman.

Jika bisnis e-niaga Anda tidak dapat menyediakan beberapa opsi pengiriman, Anda dapat kehilangan banyak pelanggan potensial.

Jasa pengiriman ini juga merupakan kesan terakhir pelanggan terhadap bisnis Anda.

Di kolom ulasan produk kami selalu melihat bahwa pengiriman adalah salah satu hal yang dievaluasi. Kami sering mendapat komentar, “Pengiriman cepat, terima kasih seller!” atau “Produknya bagus banget, sayang pengirimannya lama sekali.”

Jika pelanggan mengalami masalah saat menunggu jasa pengiriman, kemungkinan besar mereka tidak akan membeli dari Anda lagi.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemilihan jasa ekspedisi yang Anda gunakan untuk mengantarkan barang menjadi sangat krusial.

Pelanggan terkadang tidak mengerti bahwa masalah bisa terjadi pada proses pengiriman barang oleh jasa ekspedisi, bukan karena Anda menyerahkannya ke jasa ekspedisi.

Layanan pengiriman yang baik juga dapat membantu reputasi bisnis Anda. Anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, dan kerjasama dengan jasa pengiriman semakin berkembang.

Baca Juga: Ini 8 Teknik Pemasaran yang Bagus, Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Contoh Aplikasi Pengiriman

(Foto pelaksanaan proses pengiriman. Sumber: Freepik.com)

Ada banyak jenis jasa pengiriman. Sebuah perusahaan biasanya berfokus pada beberapa jenis pengiriman saja.

Anda bahkan dapat memberikan layanan pengenalan untuk bisnis Anda sendiri. Berikut beberapa contoh penerapan penggunaan dalam bisnis.

1. Pengiriman berdasarkan permintaan

Delivery on demand artinya pengiriman sesuai permintaan. Jenis layanan pengiriman ini mencakup pengiriman produk atau layanan kepada pelanggan segera setelah pesanan dilakukan.

Model pelayanan ini banyak dilakukan oleh bisnis restoran. Keamanan pengemasan dan pengiriman makanan terkadang membutuhkan perhatian khusus.

Restoran tahu betul bagaimana hidangan mereka harus disajikan. Oleh karena itu, tidak sedikit jaringan restoran besar maupun kecil yang melakukan delivery sendiri.

Pengiriman makanan tidak harus dilakukan oleh restoran itu sendiri. Ada layanan pengiriman pihak ketiga yang dapat melakukan fungsi ini, seperti yang disediakan oleh aplikasi ojek pemberani.

2. Pengiriman Berbasis Aplikasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada layanan pesan antar yang bisa dipesan melalui aplikasi. Pengiriman berbasis aplikasi ini dapat menangani pengiriman yang bersifat pribadi atau bertindak sebagai perantara bisnis dengan pelanggan.

Spesialisasi pengiriman berbasis aplikasi juga bervariasi. Sebut saja Gojek dan Grab yang melayani pesanan makanan dari sejumlah restoran yang telah bekerja sama.

Kedua aplikasi ini juga bisa melakukan private delivery, asalkan berada di satu area. Aplikasi yang fokus utamanya di daerah lain juga bisa melayani pemesanan makanan, seperti Shopee Food atau Traveloka Eats.

Ada juga layanan pengiriman berbasis aplikasi yang melayani pengangkutan barang jarak jauh dan dalam jumlah besar. Jenis kendaraan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari mobil atap terbuka hingga truk.

3. Penjemputan Mandiri

(foto kurir COD. Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa bisnis pengiriman yang menawarkan pelanggan untuk mengambil barang pesanan di titik-titik tertentu, bukan diantar ke alamat rumah.

Harga yang ditetapkan juga cenderung berbeda antara pengambilan sendiri dan pengiriman ke suatu alamat. Ini digunakan oleh bisnis yang tidak memiliki tenaga kerja terpisah untuk pengiriman.

Jenis pengiriman ini biasanya dilakukan dengan perjalanan bisnis berbasis shuttle bus. Selain untuk mengangkut orang dari satu kota ke kota lain, shuttle bus bagasi juga digunakan untuk mengantarkan barang.

Karena usaha semacam ini tidak memiliki kurir untuk mengantar langsung ke alamat, barang bisa diantar dan diambil di titik penjemputan yang telah ditentukan.

4. Logistik

Logistik adalah bisnis vertikal yang luas dan mencakup segalanya. Dari transportasi masuk dan keluar, hingga manajemen armada, pergudangan, dan pemenuhan pesanan.

Jasa ekspedisi sudah termasuk dalam kegiatan logistik. Padahal ada perusahaan logistik yang lebih besar lagi, yang mengelola ekspor dan impor dalam jumlah besar menggunakan peti kemas.

Baca juga: Apa itu Sistem Manajemen? Berikut penjelasan dan penerapannya

Jadi, pengiriman berarti proses pengangkutan barang dari satu titik ke titik lainnya.

Dengan memahami pengiriman, Anda selangkah lebih maju dalam memilih jenis pengiriman yang tepat untuk bisnis e-commerce Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *