Dua Emas SEAG Bella Berkat Dukungan Orang Tua

Dua Emas SEAG Bella Berkat Dukungan Orang Tua

DENPASAR – Rasa bangga tak terlupakan dirasakan oleh atlet balap sepeda putri Bali asal Denpasar, Sayu Bella Sukma Dewi.

Ya, Sayu Bella begitu sapaan akrabnya baru saja mempersembahkan dua medali emas untuk cabang balap sepeda Indonesia di ajang SEA Games (SEAG) 2023 di Kamboja. Rasa bangga itu dibarengi dengan rasa syukur karena dukungan dan motivasi yang besar dari kedua orang tuanya.

“Saya tentu merasa bangga dan berterima kasih. Ini juga berkat dorongan dan dukungan yang besar dari orang tua saya sejak saya memilih menjadi atlet balap sepeda. Setiap latihan saya selalu ditemani oleh ayah dan ibu saya. Keduanya setia menunggu latihan saya saat berangkat hingga akhirnya pulang latihan,” ujar Sayu Bella dengan wajah berseri-seri di Denpasar, Kamis (29/6/2023).

Sayu Bella menyabet dua medali emas di nomor perorangan Cross Country Olympic (XCO) putri dengan catatan waktu tercepat 1 jam 13 menit 48 detik. Di nomor tersebut, Sayu Bella tertinggal jauh dari rival-rivalnya, yakni pebalap sepeda putri asal Malaysia yang menduduki podium II dan pebalap Thailand di posisi III.

Sedangkan emas lainnya diraih Sayu Bella di nomor estafet sepeda gunung Cross Country Team. Di nomor ini, tim Indonesia menyisihkan tim Thailand di posisi II dan Filipina di posisi III.

“Di SEAG Kamboja, medan atau lintasannya ekstrim karena terdapat bebatuan besar dan pyur dari alam ditambah tanjakan yang cukup panjang serta cuaca yang sangat ekstrim hingga 42 derajat Celcius. Tapi alhamdulillah bisa saya atasi dengan baik,” jelas putri kedua pasangan Made Artawan dan Komang Sri Astiti ini.

Sayu Bella mengaku trek di Kamboja berbeda dengan trek latihan di Yogyakarta saat bergabung dengan tim Indonesia, termasuk perbedaan suhu latihan di mana di Yogya latihannya dingin sedangkan di Kamboja sangat panas. Kalau soal kontur tanah, hampir sama.

“Ini modal saya yang bisa dijadikan motivasi untuk tampil lebih baik bahkan lebih internasional ke depannya,” pungkas Sayu Bella. (ari/jon)