Ribuan Pelajar se- Bali Antusias Sambut Gubernur Koster saat Buka Porsenijar 2023

Ribuan Pelajar se- Bali Antusias Sambut Gubernur Koster saat Buka Porsenijar 2023

DENPASAR – Gubernur Bali, Wayan Koster membuka secara resmi Kota Seni dan Olahraga Pelajar (Porsenijar) Provinsi Bali 2023 di Stadion Ngurah Rai, Denpasar pada Rabu (21/6/2023) pagi yang disambut antusias oleh ribuan pelajar seluruh atas Bali.

Gubernur Bali Wayan Koster yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, KN. Boy Jayawibawa, dan Ketua Umum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan menyambut baik dan mendukung Porsenijar Provinsi Bali 2023 dengan doa semoga lancar dan sukses sebagai upaya memajukan olahraga, seni, dan budaya di Provinsi Bali.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali mengatakan acara Porsenijar merupakan wahana yang sangat baik untuk memajukan olahraga dan seni di Provinsi Bali guna mencetak atlet-atlet berprestasi yang sejalan dengan visi pembangunan Bali yaitu NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI melalui Pola Pembangunan Universal Terencana menuju era Bali Baru.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada para atlet untuk mengikuti semua pertandingan dengan tertib, disiplin dan meningkatkan sportifitas. Demikian pula wasit dan juri bekerja secara profesional agar atlet yang tampil maksimal benar-benar mendapatkan hasil yang terbaik,” tegas Koster.

Ketua Panitia Porsenijar Provinsi Bali 2023, I Made Dana Tenaya melaporkan, Porsenijar Provinsi Bali tahun ini mengangkat tema ‘Melalui Kota Olahraga dan Seni Pelajar Pelajar Provinsi Bali Tahun 2023 Kita Raih Prestasi dengan Menjunjung Sportivitas Berlandaskan Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, dengan tujuan meningkatkan prestasi atletik dan bakat di bidang seni, serta memberikan kesempatan kepada atlet pelajar dan seniman untuk memacu prestasinya di ajang bergengsi ini.

Porsenijar Provinsi Bali tahun 2023 akan berlangsung pada tanggal 20-27 Juni 2023 dengan persebaran tempat di Kabupaten Badung sebanyak 5 tempat, di Kabupaten Tabanan sebanyak 1 tempat, dan di Kota Denpasar sebanyak 32 tempat.

Peserta yang terlibat mencapai 6.420 orang, terdiri dari 5.234 atlet, 947 trainee, dan 239 ofisial yang terdiri dari: 1) Kontingen Denpasar sebanyak 1.148; 2) Kontingen Gianyar 934; 3) Kontingen Klungkung 597; 4) Kontingen Karangasem 360; 5) Kontingen Bangli 331; 6) Kontingen Buleleng 796; 7) Kontingen Badung 1.363; 8) Kontingen Tabanan 494; dan 9) Kontingen Jembrana sebanyak 397.

Cabang Olahraga (Cabor) yang dilombakan dalam Porsenijar ini mencapai 31 Cabor dan 7 Cabor Pameran serta 9 Kategori Seni. (arn/jon)