Beri Kuliah Umum, Bupati Edi Motivasi Mahasiswa Unika Ruteng

Inside Flores Thumbnail Logo

FOTO: Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. dr. Yohanes Servatius Lon saat menyerahkan ceramah kepada Bupati Manggarai Barat, Editasius Endi usai menyampaikan materi umum, Sabtu (01/04/2023)

DI FLORES | RUTENG— Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Sabtu (1/4/2023).

Kuliah umum bertajuk “Membangun Sinergi Pemerintah Daerah Manggarai Barat dan Unika Santu Paulus Ruteng dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia”.

Dihadapan ratusan mahasiswa yang hadir, Bupati Edistasius Endi berharap pertemuan tersebut dapat menggugah semangat untuk terus mempersiapkan diri menghadapi dunia yang serba digital.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh mahasiswa yang datang mengikuti kuliah umum tersebut yang selalu menggugah hati dan memotivasi mereka dalam menjalani kehidupan untuk menguatkan diri dan memanfaatkan setiap kesempatan yang datang menghampiri.

Menurutnya, itulah cara terbaik untuk mengatasi berbagai persoalan dan perubahan zaman.

“Karena menghadapi mahasiswa hari ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri,” kata Bupati Edi di Gedung Utama Universitas Katolik Indonesia (Unika) Kampus Santu Paulus Ruteng, Sabtu (1/4).

Bupati Edi menjelaskan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Banyak hal yang tidak pernah diharapkan sebelumnya.

“Dunia tempat kita berpijak telah memasuki era “internet of things” atau sering disebut orang sebagai revolusi 4.0 (dibaca sampai titik nol), era dimana penggunaan teknologi digital menjadi kunci dari segala aktivitas manusia. ,” dia berkata.

“Era yang melahirkan terobosan mengejutkan di berbagai bidang, era yang menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar lebih modern dan juga lebih praktis,” ujarnya.

Bupati Edi juga menjelaskan berbagai hal yang harus dimiliki Unika Santu Paulus Ruteng secara cerdas, akurat, dan efektif untuk menjawab tuntutan zaman.

“Apa yang harus dilakukan? Tentu tidak bisa lagi dilakukan dengan cara yang biasa-biasa saja, normatif,” ujarnya.

Menurutnya, harus ada kesadaran bersama dan dengan cara yang luar biasa.

Ia pun meyakini dengan cara ini Unika Ruteng akan menghasilkan SDM berkualitas, kreatif dan inovatif yang memiliki daya saing. Untuk mengimbangi upaya lembaga tersebut, tentunya diperlukan partisipasi mahasiswa.

Bupati Edi meminta mahasiswa berperan aktif dengan memperkaya literasi, melakukan penelitian agar tercipta inovasi dan kreativitas, selalu mengasah keterampilan sesuai dengan kebutuhan pasar agar mampu beradaptasi dan berkembang dengan baik.

“Dengan kata lain, siswa harus terlibat langsung dalam peningkatan literasi, peningkatan kompetensi dan penguatan karakter,” ujarnya.

Kehadiran Edi dinilai sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap kampus

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr Yohanes Servatius Lon, MA dalam sambutannya mengaku sangat senang dan bangga atas kunjungan Bupati Manggarai Barat, Editasius Endi.

Menurut Prof Yohanes, kehadiran Bupati Mabar merupakan keistimewaan bagi Kampus. Baginya, kehadiran Edi Endi merupakan bentuk perhatian dan dukungan terhadap Kampus Ruteng Unika.

“Maka patut kita berikan apresiasi kepada Pa Bupati Manggarai Barat beserta jajaran pimpinannya yang selalu memberikan dukungan dan kecintaan kepada lembaga pendidikan Unika,” kata Prof Yohanes.

Tercatat dalam sejarah kelembagaan Unika Ruteng banyak terjalin kerjasama yang melibatkan Bupati Manggarai Barat, masyarakat dan gereja-gereja di ujung barat Pulau Flores.

Dikatakannya, selama ini Pemkab Manggarai Barat tidak pernah menolak permintaan Kampus Unika Ruteng dalam berbagai kegiatan, baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa.

“Pa Bupati hadir hari ini diantara kita semua untuk memberikan kuliah umum dengan tema ‘Membangun Sinergi Pemda Manggarai Barat dan Unika Santu Paulus Ruteng dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia’,” pungkas Prof Yohanes.

Menurutnya, tema ini sangat relevan untuk semua pihak karena Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat saat ini ingin menampilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kampus Unika memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Manggarai Barat.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya Bupati membawakan materi kuliah umum di sini, dapat memotivasi mahasiswa di Kampus Unika, khususnya mahasiswa asal Manggarai Barat,” terangnya.

Program Kampus Merdeka

Dalam kesempatan itu, Prof. Yohanes juga menjelaskan tentang Program Kampus Merdeka.

Dikatakannya, sebenarnya program ini mewajibkan dosen dan mahasiswa untuk membangun jaringan kerja sama dengan semua pihak agar semua kegiatan dapat berjalan sesuai kultur teknis dan sosial.

“Tantangan globalisasi dan teknologi juga mendorong kita untuk membangun kerjasama dengan semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat,” ujarnya.

Mengembangkan SDM

Ketua Manajer Yaspar, Pastor Rollin Mujur dalam sambutannya mengatakan prioritas utama Unika Ruteng ke depan adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkonsolidasi dengan baik.

Berharap adanya peningkatan produktivitas tenaga kerja melalui kerjasama yang jelas, terukur, dan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Pastor Roll juga menjelaskan bahwa peningkatan sumber daya manusia memiliki korelasi yang semakin meningkat dengan peningkatan produktivitas kerja di tengah pesatnya perubahan di berbagai bidang seperti bisnis, ekonomi, politik dan budaya.

“Human resource capital merupakan elemen penting dalam pembangunan dan langkah strategis pengembangan SDM, tentunya mendapat dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan,” kata Pastor Rollin.

“Indonesia unggul jika kita bekerja sama dengan pemerintah, dunia akademik, dan masyarakat. Dalam meningkatkan sumber daya manusia agar mampu bergerak cepat memenangkan persaingan dan diperhitungkan oleh mitra internasional,” tegasnya.

Upaya pengembangan sumber daya manusia ini terutama dilakukan di bidang pendidikan. Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia dan pendidikan adalah investasi peradaban.

Menurutnya, pendidikan sangat penting untuk membangun sendi-sendi peradaban manusia. Tanpa pendidikan suatu negara akan lemah.

“Kapus Unika Santu Paulus Ruteng berkomitmen membangun lembaga pendidikan yang kredibel dan berkualitas,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *