Mengenal 20 Istilah Asing dalam Bidang Bisnis Digital Beserta Artinya

Apa itu Marketing Mix? Mengenal Marketing Mix 7P!

Mengenal 20 Istilah Asing di Bidang Bisnis Digital Beserta Artinya

Perkembangan teknologi telah mengubah p bisnis secara global. Di era digital, banyak istilah asing yang digunakan dalam industri bisnis digital. Mengetahui istilah-istilah tersebut penting bagi Anda yang akan kuliah S1 Bisnis Digital, ingin menjadi seorang profesional atau entrepreneur yang sukses di era digital ini. Berikut 20 Istilah Asing di Bidang Bisnis Digital Beserta Artinya!

Perdagangan elektronik

Merupakan kependekan dari “electronic commerce” yang mengacu pada aktivitas jual beli barang dan jasa secara online melalui internet.

SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat suatu website di halaman hasil mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya.

CRM

CRM atau Customer Relationship Management, menjelaskan strategi dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggannya.

ROI

ROI adalah singkatan dari “Return on Investment”, untuk mengukur efisiensi investasi yang dilakukan dan memberikan informasi berapa keuntungan yang diperoleh dari investasi tersebut.

RKPT

CTR adalah singkatan dari “Rasio Klik-Tayang” yang menunjukkan jumlah pengguna yang mengklik iklan atau tautan tertentu dibandingkan dengan jumlah total penayangan iklan atau tautan tersebut.

KPI

KPI atau Key Performance Indicator” merupakan metrik atau parameter yang digunakan untuk mencapai keberhasilan atau kinerja suatu bisnis.

PPK

PPC adalah singkatan dari “Pay-Per-Click” yang mengacu pada model periklanan dimana pemasangan iklan dilakukan setiap kali iklan diklik oleh pengguna.

B2B

B2B atau kependekan dari “Business-to-Business”, menggambarkan transaksi bisnis antara dua perusahaan atau organisasi.

B2C

B2C adalah singkatan dari “Business-to-Consumer” yang mengacu pada transaksi bisnis antara perusahaan dan pelanggan akhir.

UX

UX adalah singkatan dari “User Experience” yang menggambarkan pengalaman pengguna secara keseluruhan saat berinteraksi dengan suatu produk atau layanan.

UI

UI atau User Interface adalah tampilan visual dan interaksi antara pengguna dengan produk atau layanan.

API

API atau Application Programming Interface, yang memungkinkan berbagai sistem dan aplikasi berkomunikasi dan berbagi data.

SaaS

SaaS adalah singkatan dari “Perangkat Lunak sebagai Layanan” yang merupakan model bisnis di mana perangkat perangkat lunak disediakan sebagai layanan melalui internet.

CRM

CRM atau Customer Relationship Management menggunakan strategi dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggannya.

Data besar

Big Data adalah istilah yang mengacu pada jumlah data yang sangat besar dan kompleks yang tidak dapat diproses menggunakan alat tradisional.

Komputasi awan

istilah yang mengacu pada penyediaan sumber daya komputer seperti server, penyimpanan, database, dan perangkat lunak melalui internet. Dengan menggunakan layanan cloud, perusahaan dapat mengakses dan mengelola data mereka secara fleksibel dan efisien.

Pemasaran digital

Strategi pemasaran yang menggunakan teknologi alias digital seperti website, media sosial, email, dan mesin pencari untuk mempromosikan produk atau layanan dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Pengaruh

Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial dan dapat memengaruhi perilaku atau pendapat pengikutnya terkait dengan merek, produk, dan layanan tertentu.

CTA

CTA atau Call to Action adalah undangan yang diberikan kepada pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengklik tombol, mengisi formulir, atau membeli produk.

Tingkat konversi

Tingkat konversi adalah persentase atau pengguna yang melakukan tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian, berlangganan nawala, atau mengisi formulir. Biasanya diukur untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran atau situs web.

Itulah istilah-istilah asing di bidang bisnis digital yang perlu Anda pahami. Untuk lebih mendalami dunia bisnis digital profesional, Anda bisa mengikuti pelatihan atau studi dengan mengambil S2 Bisnis Digital di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. Mahasiswa mempelajari seluk-beluk manajemen bisnis yang melibatkan teknologi canggih, dengan materi khusus mengenai Digital Entrepreneurship, Digital Marketing, E-Commerce, dan masih banyak lagi dan disesuaikan dengan dunia kerja nyata melalui jurusan ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *