Desak Rita Angankan Naik Podium Olimpiade Paris

Desak Rita Angankan Naik Podium Olimpiade Paris

DENPASAR – Pemanjat tebing putri andalan Bali dengan segudang prestasi Desak Made Rita Kusuma Dewi mengangan-angankan bisa naik podium di Olimpiade Paris, Prancis 2024.

Tak hanya angan-angan saja namun itu juga merupakan tekad besarnya demi mengharumkan tak hanya nama Indonesia saja melainkan juga Provinsi Bali serta Kabupaten Singaraja. Sekarang ini Desak Rita tengah menjalani Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Bekasi, Jawa Barat sejak 2020.

Desak Rita sapaanya, sejak menghuni Pelatnas Panjat Tebing lalu memang sudah diproyeksikan pada Asian Games 2022 dan Olimpiade Paris 2024.

Desak Rita sukses menyabet medali emas nomor speed puteri dan perak pada Speed Woman Relay (beregu) pada Asian Games 2022 Hangzhou dengan rekor waktu fantastis, 6,364 detik, sekaligus memecahkan rekor di Asian Games sehingga mengharumkan nama negaranya, provinsi dan kabupatennya.

“Sekarang saya menatap Olimpiade Paris 2024 dan sangat menginginkan dan mengangankan naik podium. Saya berlatih keras selama di pelatnas jangka panjang yang sudah dipersiapkan mulai tahun 2020 untuk Asian Games dan Olimpiade Paris 2024,” jelas Desak Rita saat dihubungi, Selasa (16/1/2024).

Desak Rita memiliki waktu tercepatnya 6,36 detik bertekad mengejar waktu panjat tebing tercepat dunia saat ini dengan durasi 6,24 detik. Di seri kejuaraan dunia pun Desak sudah memasuki 4 besar, bukan tidak mungkin sejarah bakal diukirnya.

“Soal catatan waktu memang saya tercepat di Indonesia namun untuk sejarah menurut saya masih belum kecuali kalau saya mampu mencapai target pribadi saya di 5.99 detik dan menang di olimpiade nanti,” paparnya.

Pastinya diakui Desak Rita, dirinya tak ingin mengecewakan semua pihak sehingga hasil maksimal selalu menjadi tekadnya.

“Saya selalu ingin menjadi yang terbaik, di setiap sesi latihan dan di kompetisi dan selalu membayangkan podium di olimpiade,” demikian Desak Rita dengan nada serius. (ari/jon)