KONI Tabanan Minta Cabor Kelola Industri

KONI Tabanan Minta Cabor Kelola Industri

TABANAN – KONI Tabanan meminta semua cabang olahraga (cabor) dibawahnya agar mengelola cabornya dengan industri. Industri yang dimaksudkannya yakni merangkul pihak ketiga atau pihak swasta untuk turut peduli, serta bergabung bersama-sama terutama dalam sisi pendanaan.

Menurut Ketua Umum KONI Tabanan I Made Nurbawa, sekarang ini cabor di Tabanan yang sudah mulai mengelola industri olahraga diantaranya cabor sepakbola. Padahal secara nasional maupun internasional industri olahraga ini sangat membantu.

“Umumnya memang untuk cabor itu yang menjadi kendala klasik yakni soal dana. Jadi kami minta cabor dibawah KONI Tabanan bisa mengelola dengan industri olahraganya itu sendiri,” kata Made Nurbawa di KONI Tabanan, Kamis (2/11/2023).

Diakui dan disimpulkannya soal industri olahraga itu sendiri, sejauh ini cabor masih belum melakukan pendekatan dengan pihak swasta atau pihak ketiga, sehingga kalangan industri itu merasa jauh ke cabor.

“Industri olahraga ini jangan dibuat ruwet-ruwet tapi sederhana saja yakni sebagai manajemen, gagasan dan ide. Jadi kedepannya cabor di Tabanan harus dikembangkan agar dekat dengan industri dengan muara menjadi sponsor. Industri olahraga bukan hal tabu dan olahraga tidak sekedar berkompetisi namun harus ada jalinan hubungan yang bagus. Kembangkan sehingga nantinya mandiri sehingga tidak harus mengandalkan bantuan pemerintah saja,” tegas Made Nurbawa.

Diakuinya, dengan semua itu maka ketika bantuan pemerintah yang kurang, setidaknya cabor bisa melengkapi kebutuhannya dengan batuan pihak ketiga atau pihak swasta yang telah menjadi sponsornya.

“Ini terobosan bagus dan perlu disikapi cabor di Tabanan dengan positif melalui hubungan yang humanis dengan pihak industri olahraga sendiri. Jika semuanya berjalan bagus maka prestasi cabor ke depannya akan lebih meningkat. Dan semua itu perlu niat da tejad besar cabor itu sendiri,” demikian Nurbawa. (ari/jon)