Askab PSSI Badung Didik 27 Wasit C III

Askab PSSI Badung Didik 27 Wasit C III

BADUNG.- Askab PSSI Badung menggelar atau melaksanakan kursus wasit sepakbola pemula C III di SMP Negeri I Mengwi. Pelatihan wasit ini diikuti 27 peserta dan dilangsungkan pada 15 – 21 Oktober 2023.

Ketua Umum Askab PSSI Badung Komang Graha Wicaksana mengutarakan, selama kursus peserta akan diberikan teori dan praktek mejadi wasit di lapangan sepkabola Mengwi. Diakuinya, kini Badung masih banyak memerlukan wasit sepakbola, guna memimpin sejumlah pertandingan di lapangan.

Ketua Umum KONI Badung Made Nariana sebelum membuka kursus itu memberikan apresiasi kepada PSSI, sebab secara rutin melakukan kursus wasit. Hal itu penting, sebab tanpa wasit pertandingan olahraga tidak dapat dilaksanakan.

“Badung banyak kekurangan wasit di sejumlah cabang olahraga (cabor). Saya berharap cabor lain mengikuti jejak PSSI, melakukan kursus atau penataran wasit, sebab banyak diperlukan wasit/juri di setiap pertandingan/kejuaraan,” ujar Nariana saat dikonfirmasi, Senin (16/10/2023).

Disebutkan mantan Ketua Umum KONI Bali itu, atlet Badung sering “dikerjain” wasit, apalagi dalam kejuaraan pertandingan tidak terukur. Wasit sering sangat subyektif dalam memberikan penilaian kepada atlet. Berangkat dari semua itu, wasit diminta selalu profesional dalam memimpin pertandingan sehingga tidak merugikan atlet yang sudah bermain dengan jujur (fairplay).

Nariana mengharapkan, PSSI Badung selalu meningkatkan kualitas pemain sepakbolanya selain selalu meningkatkan SDM perwasitan. Pembukaan Kurus wasit PSSI Badung juga dihadiri Ketua Umum Asprov PSSI Bali Made Suwardana. (ari/jon)