Desak Rita Disambut Meriah Saat Tiba di Bali

Desak Rita Disambut Meriah Saat Tiba di Bali

BADUNG – Peraih medali emas Asian Games 2022/Hangzhou cabang olahraga (cabor) panjat tebing, Desak Made Rita Kusuma Dewi disambut meriah saat tiba di Bali di Bandara Ngurai Rai, Kamis (12/10/2023).

Penyambutan itu dilakukan KONI Bali, Pengprov FPTI Bali, KONI Buleleng serta Sekda Kabupaten Buleleng I Gede Suyasa.

Pemanjat tebing putri andalan Bali asal Buleleng itu dikalungi serta diberikan buket bunga sebagai tanda penghargaan. Plus dana tali kasih secara simbolis yang diberikan Pemkab Buleleng Rp20 juta.

“Saya sangat bangga dengan raihan emas ini karena memang ini merupakan mimpi saya yang akhirnya jadi kenyataan. Saya juga senang setelah lolos ke Olimpiade dan menjadi juara dunia. Kini saya akan Kembali fokus di even berikutnya yakni Olimpiade di Paris tahun 2024 mendatang. Masih ada waktu 9 bulan untuk persiapan matang jelang turun di Olimpiade Paris,” sebut Desak Rita panggilannya di Bandara Ngurah Rai.

Dalam perjalanannya menuju Asian Games lalu, Desak Rita mengaku memang tidak ada kendala yang berarti, namun sebelum kompetisi dirinya sempat terkena penyakit cacar. Syukurnya saat kompetisi mulai digelar, penyakitnya itu sembuh.

Di lain pihak, Ketua Umum FPTI Bali Putu Yudi Atmika mengutarakan, sejatinya Desak Rita tidak boleh pulang ke Bali oleh pihak pelatnas. Namun pihak FPTI Bali mengajukan izin dan Desak Rita diperbolehkan pulang selama 5 hari.

“Selama 5 hari Desak Rita juga tidak akan pulang ke kampung halamannya yakni Singaraja karena harus bergabung dengan tim pelatda Bali yang dihuni para pemanjat tebing yang nantinya turun di Babak Kualifikasi (BK) PON 2023 akhir bulan Oktober 2023 ini. Bahkan Desak Rita langsung malam harinya setelah siang tiba di Bali, langsung berlatih dengan para rekannya di tim Bali di Tabanan,” terang Yudi Atmika.

Sedangkan Ketua Umum KONI Bali, IGN. Oka Darmawan mengaku bangga dengan pencapaian Desak Rita untuk Indonesia dan Bali termasuk untuk Buleleng kabupaten asalnya.

“Kami harap ini menjadi motivasi bagi para atlet lainnya yang sudah lolos PON 2024 atau yang akan melakoni BK PON 2023,” tutup Oka Darmawan. (ari/jon)