KEMENPERIN: OPTIMALISASI JASA EPC UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN INDUSTRI

REBUT PELUANG IKN, KEMENPERIN DORONG INDUSTRI KERAMIK TERAPKAN SNI

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung penyedia jasa industri Rekayasa, Pengadaan, dan Konstruksi (EPC) nasional melalui Program Peningkatan Produk Dalam Negeri (P3DN). Jasa industri EPC atau Perencanaan dan Rekayasa Konstruksi merupakan salah satu jasa industri yang dikembangkan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2022 tentang Kebijakan Industri Nasional 2020-2024.

Jasa industri memiliki peranan penting dalam perkembangan industri baru maupun dalam kebutuhan industri. “Menurut data BKPM, pada triwulan I-2023, industri pengolahan menjadi penyumbang utama investasi di Indonesia (42,4 persen). Hal ini menandakan bahwa jasa EPC yang beroperasi di sektor industri memiliki potensi pasar yang besar, baik dalam bentuk pembangunan pabrik maupun perencanaan peralatan industri,” ujar Kepala Badan Kebijakan dan Standarisasi Jasa Industri (BSKJI), Doddy Rahadi saat menyampaikan presentasi. pada pembukaan Forum Group Discussion (FGD) ). ) Optimalisasi Layanan Industri EPC di Jakarta, Selasa (23/5).

Menurutnya, peran jasa industri EPC juga sangat potensial dan signifikan dalam program P3DN di Indonesia. Melalui arahan penggunaan produk dalam negeri pada pekerjaan EPC, seluruh barang dan jasa yang digunakan wajib memenuhi nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal pada batas tertentu. “Hal ini dapat berdampak ganda bagi para pelaku industri pemasok barang dan jasa yang menjadi komponen jasa industri EPC bersangkutan, sehingga pertumbuhan dan penguatan struktur industri nasional perlu didorong lebih jauh lagi,” tambah Doddy.

Pada kesempatan itu, Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito mengatakan, perkembangan industri petrokimia tidak lepas dari peran layanan EPC. Dari pohon industri petrokimia terlihat bahwa proses-proses yang berlangsung dalam ruang lingkupnya sangat besar, mulai dari hulu hingga hilir. EPC nasional berpeluang berperan dalam proyek strategi industri petrokimia nasional yang dicanangkan dalam Roadmap Pengembangan Industri Petrokimia Tahun 2020-2030 yang akan mendorong industri semakin dekat dengan lokasi bahan baku dan sumber energinya. “Tentunya dengan pergerakan tersebut, kami membutuhkan EPC Services yang memiliki kemampuan dan daya saing untuk mengembangkan industri petrokimia nasional,” kata Warsito.

Dalam laporannya, Sekretaris BSKJI, E. Ratna Utarianingrum menyampaikan bahwa tujuan FGD Optimalisasi Jasa Industri EPC adalah untuk meningkatkan kontribusi jasa industri EPC Nasional dalam pembangunan Indonesia, serta menentukan strategi dan upaya yang harus dilakukan. untuk menciptakan ekosistem layanan EPC yang lebih baik dan lebih baik bersinergi dengan program P3DN. Dalam FGD tersebut juga hadir perwakilan pemerintah dan industri sebagai narasumber antara lain Direktur Investigasi I Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Mohamad Risbiyanto, Senior Executive Vice President Business Development PT Pupuk Indonesia Holding Company Satriyo Nugroho, Daerah Hilir Content Manager PT Pertamina Persero Abdul Manan, serta Direktur Teknologi Operasi dan Pengembangan PT Rekayasa Industri Yusairi.

Diskusi selama pelaksanaan FGD berlangsung sangat efektif dan hangat. Hadirin yang berasal dari Kementerian/Lembaga sebagai pengambil kebijakan, perusahaan industri sebagai pengguna jasa EPC dalam negeri, serta asosiasi industri terkait sebagai pendukung pelaksanaan kegiatan EPC menyampaikan pertanyaan dan harapan terkait perkembangan industri EPC ekosistem layanan. Salah satu isu strategis yang disampaikan adalah sulitnya perusahaan di ekosistem EPC lokal bersaing dengan perusahaan asing. Untuk itu diperlukan kebijakan P3DN, harmonisasi regulasi TKDN dan peningkatan kemampuan industri dalam negeri sebagai industri penunjang EPC.

Pelaksanaan FGD ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam mendorong peran industri jasa EPC menjadi lokomotif pembangunan industri nasional, sehingga tercipta ekosistem jasa industri EPC nasional yang berdaya saing di tingkat global.

Demikian Siaran Pers ini untuk disebarluaskan.

Berita Foto : http://bskji.kemenperin.go.id/2023/05/29/focus-group-discussion-epc/

Sumber : https://www.kemenperin.go.id/artikel/24112/Kemenperin:-Optimalisasi-Jasa-EPC-untuk-Mendukung-Pembunanun-Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *