Bali Host BK PON Yongmoodo, Minimal 80 Atlet

Bali Host BK PON Yongmoodo, Minimal 80 Atlet

DENPASAR – Bali menyatakan siap menjadi host atau tuan rumah Babak Kualifikasi (BK) PON 2023 dengan persyaratan minimal diikuti 80 atlet dari berbagai provinsi di Indonesia. Persyaratan tersebut datangnya dari KONI Pusat.

Hal itu tidak menjadi masalah bagi Pengprov FYI Bali jika nantinya ada sudah ada keputusan baik dari KONI Pusat maupun PB FYI. Pasalnya PB FYI baru saja selesai menggelar Musyawarah Nasional (Munas) dan memiliki Ketua Umum baru.

Semua itu diutarakan Ketua Harian Pengprov FYI Bali, Gede Agra Kumara. Menurutnya, sekarang ini hanya tinggal menunggu turunnya Surat Keputusan (SK) kepengurusan baru PB FYI dari KONI Pusat.

“Kalau host dan persyaratan peserta itu tidak ada masalah lagi. Hanya kita masih menunggu SK kepengurusan PB FYI yang baru turun. Setelah itu bisa digelar BK PON di Bali jika memang KONI Pusat juga memberikan lampu hijau,” ungkap Agra Kumara saat dihubungi, Rabu (6/9/2023).

Pria yang berprofesi sebagai advocat itu menjelaskan khusus BK PON cabang olahraga (cabor) yongmoodo pada Munas lalu sempat ada dua yakni Bali dan Makasar Sulawesi Selatan.

“Namun akhirnya Sulsel setuju di Bali. Termasuk juga DI. Yogyakarta yang siap juga ingin menjadi host akhirnya setuju di Bali,” tambah Agra Kumara.

Lantas bagaimana dengan Aceh sebagai host PON XXI/2024 ? Mantan Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov IMI Bali itu mejelaskan jika Pengprov FYI Aceh sudah terbentuk, dan siap menjadi host PON cabor yongmoodo.

“Ada 30 provinsi di Indonesia yang sudah siap ikut BK PON 2023 dan sudah menyiapkan para atletnya. Dan kami berkeinginan dan memiliki ide menjadi tuan rumah BK PON 2023 sudah jauh-jauh bulan malah sebelum Munas digelar. Jadi kapan saja Bali dipercaya dan ditunjuk akan selalu siap,” terang Agra Kumara.

Dijelaskannya juga, planning kelas yang dipertandingkan jika Bali host BK PON 2023 sebanyak 12 kelas putra dan putri.

“Kalau soal atlet kami memiliki banyak atlet diantaranya juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) silam. Lainnya banyak dari juara Porprov Bali 2022 dan juara Kejurprov lalu,” demikian Agra Kumara. (ari/jon)