Bupati Hery: Modal Besar Membangun Kesenian Adalah Rasa Saling Menghargai

Bupati Hery: Modal Besar Membangun Kesenian Adalah Rasa Saling Menghargai

Ruteng – Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit, SE , MA mengatakan, modal besar dalam mengembangkan seni adalah saling menghargai satu sama lain. Demikian disampaikan Bupati Hery Nabit, saat pemantapan Gedung Kesenian (DKM) Manggarai yang berlokasi di Pendopo MCC Ruteng, Jumat (11/6/2021).

“Kami punya modal besar. Kami memiliki rasa hormat satu sama lain, kami menghargai satu sama lain. Itu modal yang kuat untuk mengembangkan dunia seni di Kabupaten Manggarai,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan dukungannya kepada DKM, bahwa DKM tidak berjalan sendiri. “Ini organisasi resmi yang dibentuk berdasarkan SK Bupati Manggarai. Jadi pemerintah juga bertanggung jawab. Artinya, kemungkinan akan ada bantuan dari Pemkab Manggarai,” ujarnya.

Bupati Hery berharap pengelola DKM mulai memikirkan rencana kegiatan yang dimaksud, “semoga tahun depan kita bisa membuat mini festival untuk kita di sini (tingkat daerah) dulu. Jadi kita melakukan sesuatu yang kecil, tapi efeknya besar. Kalau media (publikasi) bagus, tahun ini kami siapkan untuk mini festival tahun depan,” jelasnya.

Harapan lain disampaikan Bupati kepada pengelola DKM, dalam rangka merangkul para pegiat seni di Manggarai, “Ada ribuan kegiatan seni, rangkullah, beri mereka ruang. Kegiatan hari ini menunjukkan satu hal bahwa pemerintah tidak bisa melakukan semuanya sendirian,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Hery meminta agar DKM dapat membantu memberikan masukan yang berarti bagi pemerintah. “Tugas Dewan Kesenian terutama mengumpulkan, tidak hanya masyarakat yang telah berkumpul, tetapi juga informasi perkembangan seni budaya di Manggarai. Lebih banyak data dari itu, harus dianalisis juga,” ujarnya.

“Kumpulkan data tentang seni, analisis data, lalu bicarakan pertanyaannya. Bicara dengan siapa? kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai. Artinya posisi DKM adalah partner, bukan atasan bawahan, karena memberi masukan,” lanjutnya.

Di akhir acara, Bupati Hery mengucapkan selamat kepada pengelola DKM. “Saya harap kita belajar dari perkembangan seni rupa di masa lalu, dari institusi kita di masa lalu untuk menatap masa depan. Semoga kami yang hadir, yang melihat penguatan, terus mendukung kalian semua dalam pengembangan kesenian di Manggarai,” tutupnya. (a)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *