Siapkan Strategi Pemantapan Daya Saing Nasional, UNIMMA Menuju Unggul | UNIMMA

Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengadakan acara Sosialisasi Indikator Kinerja Utama (IKU) berdasarkan Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Acara yang merupakan rangkaian program kerja Tahun Akademik (TA) 2022-2023 ini diselenggarakan pada Selasa (13/9) di Ballroom hotel Atria, Kota Magelang. Program Kerja yang dilakukan UNIMMA tahun ini adalah “Penguatan Daya Saing Nasional Melalui Peningkatan Kualitas Bisnis Internal Menuju UNIMMA Unggul”.

Acara yang dihadiri oleh Dekan, Kepala Badan, Kepala SPI, Wakil Dekan dan Kaprodi ini dibuka dengan program prioritas oleh Rektor. “Sesuai dengan milestone UNIMMA, tema yang diusung tahun ini juga merupakan cita-cita yang ingin dicapai UNIMMA”, ujar Dr. Lilik Andriyani sebagai Rektor. Dalam sambutannya Rektor juga menyampaikan tentang posisi kompetitif UNIMMA dan prioritas program yang perlu dilakukan untuk mencapai Unimma Unggul.

Daya saing Unimma dibandingkan PTS di LLDIKTI Wilayah VI dapat dilihat dari status akreditasi, dosen, mahasiswa, praktik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan SINTA. Kemudian untuk prioritas program terdiri dari 8 bidang utama antara lain bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, AIK, SDM, kemahasiswaan, tata kelola dan kelembagaan, lembaga keuangan dan sarana prasarana. “Harapannya, dari 10 Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Jawa Tengah, UNIMMA dapat diprioritaskan menjadi yang terbaik”, tambah Dr Lilik Andriyani.

Kegiatan sosialisasi IKU berbasis SN Dikti ini berangkat dari seringnya bias civitas akademika mengenai IKU versi SN-Dikti dan IKU versi Kemendikbud dengan 8 IKU. “Harapannya hari ini teman-teman dari Fakultas dan Program Studi dapat memahami dengan jelas perbedaannya. Karena beberapa program harus diakomodasi dari LAM dan masih ada beberapa program yang masih diusung oleh Badan Akreditasi Nasional PT (BAN-PT), maka perlu kita kaji kembali spesifikasi dan keunikan masing-masing IKU Prodi di berbagai LAM yang ada. ada sekarang,” kata dr. Budi Waluyo, MT sebagai Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNIMMA.

UNIMMA saat ini harus menghadapi 5 LAM, diantaranya LAM-PTKes, LAM-Teknik, LAM Dik, LAM Emba dan LAM Infokom. “Terkait program ini akan ditindaklanjuti dengan prioritas program di masing-masing prodi dan Fakultas sehingga jelas arah pengelolaan yang mengarah pada pencapaian Prodi menuju Unggul,” tambah Dr. Budi Waluyo, MT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *