Pembinaan FMD, Petugas Lapas Tabanan Rasakan Keseruan Rafting

Pembinaan FMD, Petugas Lapas Tabanan Rasakan Keseruan Rafting

 

TABANAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan melaksanakan kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin Pegawai (FMD) Tahun 2024 sesi ke-2 dimana pelaksanaan FMD sesi pertama telah dilaksanakan pada hari Senin yang lalu. Kegiatan FMD sesi ke-2 masih berupa Rafting yang juga dilaksanakan di Graha Adventure Rafting, Rabu (7/2/2024).

FMD ini diikuti oleh seluruh Pegawai Lapas Tabanan secara bergantian sesuai jadwal kedinasan. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka pembinaan kepada pegawai. Dengan meningkatnya fisik, mental dan disiplin diharapkan mampu meningkatkan kinerja para pegawai Lapas Tabanan.

“Kegiatan ini memang diisi dengan olahraga air namun dibalik itu semua tentu bertujuan untuk menanamkan rasa pecaya diri, kerja sama dan disiplin dalam menaklukan medan untuk sampai tujuan yang nantinya dapat diimplementasikan pegawai ketika kembali kerutinitas sehari-hari dalam pelaksanaan tugas,” terang Komang Surya Dinata selaku Wakil Pelaksanaan Kegiatan.

Kepala Lapas (Kalapas) Tabanan, Muhamad Kameily menjelaskan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana rekreasi mengingat para pegawai terkadang mengalami kepenatan dengan berbagai tugas yang harus dikerjakan setiap hari.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kekompakan petugas agar terjaga kualitas dan integritasnya. Serta untuk memberikan stimulus kepada para pegawai agar mampu meningkatkan semangat dalam dirinya ketika nanti kembali dalam melaksanakan tugas harian,” ujarnya.

Kalapas juga mengatakan bahwa kegiatan FMD ini juga diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara para petugas sehingga menimbulkan rasa saling percaya dan toleransi yang tentunya dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman demi mewujudkan visi misi bersama.

“Kegiatan ini, selain sebagai upaya jalin kedekatan antarpegawai dan juga silaturahmi di luar lingkungan kerja. Dengan rasa saling percaya dan saling mendukung, tentunya itu dapat membuat suasana kerja yang semakin kompak dan solid untuk kemajuan organisasi,” tambah Kameily.

Salah seorang petugas yang ikut dalam kegiatan FMD sesi ke-2, Eka Juniarta mengaku sangat senang dapat mengikuti kegiatan rafting yang dilaksanakan ditengah kepenatan karena tugas-tugas harian yang harus diselesaikan.

“Jujur saja saya sangat senang dan bersemangat mengikuti kegiatan rafting ini. Ini merupakan kali pertama saya ikut rafting, meskipun sedikit gugup diawal karena arus air yang cukup deras serta medan yang menantang tetapi lama-kelamaan saya menikmati kegiatan rafting ini apalagi disuguhkan pemandangan yang sangat indah pada saat melalui sungai,” ucapnya. (jon)