Gali Bibit Pesilat IPSI Badung Geber Mangupura Cup

Gali Bibit Pesilat IPSI Badung Geber Mangupura Cup

BADUNG – Demi menggali bibit pesilat muda potensial dan bertalenta, Pengkab IPSI Badung menggeber kejuaraan sialt bertitel Mangupura Cup (MC) di GOR Mengwi Badung, 28 -30 Desember 2023.

Kejuaraan silat ini dikhususkan bagi pesilat pelajar seluruh Badung itu diikuti 6 kecamatan yakni Petang, Abiansemal, Mengwi, Kuta Utara, Kuta, dan Kuta Selatan. Total peserta mencapai 250 pesilat.

Diakui Ketua Umum Pengkab IPSI Badung Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, tujuan even pelajar itu untuk menggali bibit-bibit pesilat muda.

Dan para pesilat terbaik di even itu akan dipersiapkan menjadi atlet silat IPSI Badung dalam menghadapi sejumlah pertandingan seperti Porprov Bali dan kejuaraan lain.

Kejuaraan silat tersebut dibuka Kadisdikpora Badung I Gusti Ngurah Dwipayana mewakili Bupati Nyoman Giri Prasta, Kamis (28/12/2023).

Ketua Umum KONI Badung Made Nariana saat pembukaan memberikan apresiasi kepada IPSI Badung karena nyata melakukan pembinaan kepada pesilat-pesilat muda. Diharapkannya, IPSI Badung ikut membantu memberikan konstribusi kepada Kontingen PON Bali menghadapi PON 2024 di Aceh dan Sumatra Utara.

Selain itu mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali tahun 2025. Selama ini KONI Badung mencatat, pesilat Badung selalu menjadi juara umum dalam Porprov Bali.

“Prestasi itu supaya tetap dipertahankan dengan terus menerus dengan melakukan pembinaan atlet-atlet silat muda, seperti yang tumbuh di tingkat pelajar,” tegas Nariana.

Diharapkan mantan Ketua Umum KONI Bali itu, cabor-cabor lain anggota KONI Badung turut terus menerus melakukan kegiatan tanpa henti. Sebab atlet berprestasi tidak dapat dibentuk seperti membalikkan telapak tangan. Atlet harus dibangun jangka panjang setahun-dua tahun sebelum terjun ke berbagai kegiatan olahraga.

Menyoal kegiatan olahraga di Badung jelang tahun 2023, Nariana menyebutkan akan ada pelantikan Pengurus Kabupaten PASI Badung 30 Desember 2023.

Dua hari sebelum tutup tahun, ada kejuaraan Futsal dan peresmian Lapangan Cricket Desa Sembung, Mengwi. Lapangan Cricket Desa Sembung dipergunakan atlet terkait yang ada di sekitar Mengwi, Petang dan Abiansemal. (ari/jon)